Scorpio Pikup, Mobil Asal India Yang Tidak Diragkuan Lagi

0
251
Mahindra Indonesia Scorpio Pikup

Mahindra merupakan sebuah merek mobil asal India yang melaunching mobil Scorpio Pikup single cabin dan double cabin. Mahindra bersama RMA Indonesia menjalin kerjasama dalam pendistribusian kendaraan ini di Indonesia. Dunia otomotif pasti sudah mengenal nama Mahindra yang sudah mendunia atas kinerja mobil yang tidak diragukan lagi.

Mulai dari harga yang sangat menghemat budget, mesin yang digunakan juga terbilang kuat tidak boyo dan fitur-fitur yang disajikan juga cukup modern. Di Indonesia sendiri, Mahindra sudah memiliki cabang  sebanyak sembilan dealer resmi antara lain, Medan, Aceh, Depok, Palembang, Bandung, Jambi, Balikpapan, Pontianak, dan Kudus.

Mahindra Indonesia Scorpio Pikup

Mobi ini langsung didatangkan ke Indonesia secara completely built up (CBU). Selain itu, Scorpio Pikup ini dibuat dan diuji performanya di India dan untuk melakukan pembelian mobil ini hanya membutuhkan waktu sekitar dua minggu setelah hari pembelian, karena mobil ini langsung dikirim dari India.

Scorpio Pikup Cocok Untuk Pertambangan

Scorpio Pikup ini memiliki dikhususkan pada segmen tertentu seperti halnya, pertambangan, perhutanan, pertanian dan sebagainya. Mobil ini menggunakan mesin legendary 4 silinder, turbo diesel, dengan kapasitas 2,2 liter yang berteknologi mHawk, dilengkapi transmisi manual 6 percepatan. Mesin ini sanggup memproduksi tenaga hingga 140 dk serta torsi yang dihasilkan sebesasar 320 Nm. Scorpio Pikup ini memiliki dua mode berkendara, yaitu 2WD dan 4WD secara elektrik yang membantu sistem differensial pengunci Eaton.

Walaupun kendaraan ini ditargetkan pada pengguna tertentu, Mahindra Indonesia Scorpio Pikup tetap menawarkan fitur yang cukup lengkap. Antara lain terdapat fitur Bluetooth, USB, dan AUX yang posisinya ditas layar sentuh infotainment 2DIN, kontrol AC otomatis, dan kamera belakang. Dan tidak lupa pentingnya mobil ini difasilitasi faktor keamanan yang tinggi dengan menaruh dua airbags depan, untuk pengereman Scorpio Pikup memakai teknologi ABS (Anti-locking Brake System) dan dilengkapi Isofix dengan sabuk pengaman tiga titik

Untuk daya angkut barang dibagian belakang, Scorpio Pikup mengedepankan faktor fungsionalitas pada area ini. Ukuran daya angkut di belakang berukuran 1.570 x 1.615 x 775 mm dan mobil ini dapat membawa beban (barang) sebesar 1-1,2 ton, dengan kemampuan penarik atau towing hingga 2,5 ton.

Scorpio Pikup memiliki dimensi yang sedikit mungil jika dibanding dengan mobil pikap lainnya yang sebesar 5.155 x 815 x 1.940 mm,  dan mobil ini mempunyai bobot maskimal sebesar 3.150 kg. Ground clearance diatur sebesar 230 mm, dengan settingan sudut approach 34 derajat, departure 15 derajat dan breakover 18 inci. Tujuannya adalah agar Scorpio Pikup bisa melewati segala rintangan baik medan biasa maupun medan yang terjal secara maksimal.

Mahindra Indonesia Scorpio Pikup

Gaya Tangguh, Kekar dan Modern

Untuk gaya penampilan, Scorpio Pikup memiliki kesan yang gahar. Terlihat dari keseluruhan body mobil yang memiliki guratan terlihat maskulin. Kemudian menggunakan Grille bermotif honeycomb dan tampil secara dominan dengan aksen garis vertikal yang membuat mobil ini terlihat tangguh. Selanjutnya lambang Mahindra yang berada di tengah menjembatani kedua lampu utama yang berbentuk kotak dan LED lebih memperkuat karakter mobil ini. Pada bagian kaki-kaki Scorpio Pikup menggunakan velg alloy yang berpalang tebal dengan desain yang klasik serta memakai ban 245/75 dengan tipe all-terrain. Ini menandakan Scorpio Pikup terlihat lebih kokoh.

Fitur-fitur yang digunakan Scorpio Pikup juga modern seperti menggunakan lampu ‘daytime running light’, bumper depan yang menggunakan foglamp klasik yang didesain menarik dilihat dan pada bagian kap mesin, mobil ini memakai scoop bonet agar terlihat kekar. Mahindra Indonesia mengklaim bahwa Scorpio Pikup sangat irit, tiap liter konsumsi bahan bakar mesin bisa membawa perjalanan sepanjang 11,2 km. Hasil tersebut didapatkan dari sistem Micro Hybrid –Stop Start yang mampu menghemat bahan sebanyak lima persen.

Scorpio Pikup dibanderol sebesar Rp 278 juta OTR tipe single cabin dan Rp 318 juta OTR tipe double cabin yang akan menjadi pesaing kuat bagi mobil pikap lainnya. Selisih perbedaan harga mencapai Rp 400 juta dengan kompetitornya layak anda perhitungkan dalam mencari mobil pikap, dengan harga yang terjangkau dan produk yang didapat juga menjajikan ini layak anda pikirkan terlebih dahulu sebelum membeli mobil yang anda sudah idamkan.

Leave a reply